Wednesday 30 April 2014

Bersikap Jujur Akhlak Seorang Muslim


Bismillah...

Kejujuran selalu melekat pada pribadi muslim. Ajaran Islam yang telah menjadi bagian hidupnya mengajarinya bahwa kejujuran merupakan puncak segala keutamaan dan asas kemuliaan akhlak. Kejujuran pada gilirannya akan membimbing manusia ke arah kebaikkan, mengantarkan manusia ke Surga. Sebaliknya, dusta membawa manusia menuju kezaliman dan kejahatan, menyeret ke dalam api neraka dan siksa. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

Di dalam hadits Abdullah bin Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi waSallam bersabda:

إنَّ الصِّدقَ يَهْدِي إِلَى البرِّ ، وإنَّ البر يَهدِي إِلَى الجَنَّةِ ، وإنَّ الرَّجُلَ لَيَصدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيقاً . وَإِنَّ الكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الفُجُورِ ، وَإِنَّ الفُجُورَ يَهدِي إِلَى النَّارِ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكتَبَ عِنْدَ الله كَذَّابا
"Sesungguhnya ash shidq (kejujuran) itu menunjukkan kepada kebaikan dan sesunggunya kebaikan itu menunjukkan ke Surga dan sesungguhnya seorang bermaksud untuk jujur sehingga dicatatlah di sisi Allah sebagai seorang yang jujur. Dan sesunnguhnya kedustaan itu menunjukkan kepada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan itu menunjukkan kepada neraka. Sesungguhnya seorang itu bermaksud untuk berdusta sehingga dicatatlah di sisi Allah sebagai seorang yang suka berdusta." (Muttafaq 'Alaih)
Seorang muslim yang benar akan selalu menghiasi dirinya dengan kejujuran di dalam setiap ucapan dan amalan. Yang demikian itu merupakan martabat yang tinggi dan mulia. Disisi Allah, manusia seperti itu dicatat sebagai manusia yang jujur lagi benar.

No comments:

Post a Comment